Home » Blog » Penyebab Tag Canonical Menjadi Benalu

Penyebab Tag Canonical Menjadi Benalu

Menjadi seorang teknis SEO, saya suka menggali masalah aneh dimana hal-hal sepertinya tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Tag Canonical tampak cukup mudah, namun tag ini menyebabkan segala macam masalah menarik – dan beberapa perbaikan kecil dapat menyebabkan kemenangan besar. Hampir setiap situs utama akan memiliki beberapa jenis masalah dengan tag kanonik mereka, jadi saya menggali beberapa yang berbeda untuk melihat contoh apa yang dapat saya temukan.

Tag Canonical dilemparkan ke dalam <body>

Dalam tulisan terbaru saya, “Tag Canonical mudah, bukan ?,” Saya memberi contoh tag kanonik yang terlihat bagus jika Anda melihat kode sumbernya, namun jika Anda menggunakan “Inspect” di Chrome Dev Tools untuk melihat pohon DOM, Anda akan melihat bahwa bagian <head> dari situs Home Depot rusak lebih awal dan tag kanonik dilemparkan ke bagian <body>, di mana Google akan mengabaikannya.
Apa yang terburuk yang bisa terjadi jika semua tag kanonik Anda diabaikan? Anda tidak akan memiliki kontrol atas versi yang diinginkan atau konsolidasi sinyal. Banyak halaman akan diindeks dengan versi yang salah, atau Anda mungkin memiliki beberapa versi halaman yang sama yang diindeks tanpa mengkonsolidasikan sinyal, dan tidak ada versi halaman itu yang akan diberi peringkat setinggi seharusnya.

Berikut adalah beberapa penelusuran berbeda di Google yang menampilkan parameter di situs web Home Depot yang diindeks meskipun mereka memiliki kumpulan kanonik ke URL bersih:

  • situs: homedepot.com inurl: bvrrp
  • situs: homedepot.com inurl: MERCH

Catatan yang menarik adalah bahwa tag kanonik terlihat bagus di situs mobile Home Depot. Kemungkinan, salah satu skrip yang mereka panggil pada versi desktop situs ini menyebabkan masalah, namun masalahnya akan diatasi dengan indeks seluler pertama yang akan datang.

Jika Home Depot ingin memperbaikinya lebih cepat, mereka mungkin bisa lolos dengan memindahkan tag kanonis di bagian <head> sehingga berada di atas semua skrip atau mencari tahu apa yang menyebabkan bagian <head> ditutup lebih awal (yang kemungkinan adalah tag yang tidak ditutup dengan benar).

Tag Canonical saat setiap versi mereferensikan dirinya

Apa yang terjadi bila Anda memiliki beberapa versi dari halaman yang sama, dan setiap versi memiliki tag kanonik yang mengatakan bahwa itu adalah versi yang benar? Jawabannya adalah bahwa Google akan memilih satu, atau keduanya, tapi mungkin tidak akan konsisten.

Itulah yang terjadi di Meetup.com. Halaman Meetup memiliki setidaknya dua versi yang digunakan secara bergantian: satu dengan nama Meetup dalam kasus campuran saat dimasukkan dan satu huruf kecil semuanya. Campuran kasus dalam bentuk apa pun bekerja untuk URL di Meetup.com; coba buat salah satu karakter huruf kecil yang dikapitalisasi, atau sebaliknya.

Jadi, jika kita memiliki dua versi yang keduanya bekerja, dan keduanya mengatakan mereka benar, apa yang terjadi?

<link rel = “canonical” href = “https://www.meetup.com/RaleighSEO/” />

<link rel = “canonical” href = “https://www.meetup.com/raleighseo/” />

Dalam kasus ini, kedua halaman diindeks, namun hanya satu yang akan ditampilkan. Kedua versi memiliki link, dan ekuitas saat ini terpecah. Saya telah menambahkan & menyaring = 0 ke pencarian Google di screen shot di bawah ini sehingga saya dapat menunjukkan bahwa keduanya memang terindeks. Anda juga bisa mengecek dengan melakukan info: perintah untuk berbagai URL untuk melihat versi canonicalized.
Untuk rekap: Kedua versi halaman diindeks, keduanya memiliki tautan, dan hanya satu yang dapat ditampilkan. Perbaikan cepat dari Meetup di sini bisa mengkonsolidasikan banyak sinyal yang saat ini terbelah, dan kemungkinan besar akan mengalami peningkatan lalu lintas yang besar.

Lupa menyertakan tag kanonik atau menyertakan halaman yang salah

Sebuah pencarian cepat untuk “ban klub balok” akan menunjukkan versi desktop dan versi seluler dari halaman ban samsclub.com. Masalahnya di sini adalah bahwa halaman m.samsclub.com/tires tidak memiliki tag kanonik sama sekali, sehingga kedua halaman dapat ditampilkan.
Memiliki ketidakcocokan pada versi alternatif adalah masalah umum di situs mereka, dan m.samsclub.com menunjukkan di banyak hasil pencarian desktop karena mereka tidak menunjukkan koneksi sesuai kebutuhan mereka untuk mengkonsolidasikan halaman.

Tanpa menetapkan hubungan antara versi desktop dan versi seluler, mereka akan diperlakukan sebagai entitas terpisah – keduanya dapat ditunjukkan dalam hasil pencarian, dan keduanya tidak akan berperingkat setinggi seharusnya jika ini dilakukan dengan benar.

Ketika saya mulai menulis ini, sepertinya ada juga beberapa masalah seputar kanonisasi dengan apa yang tampaknya merupakan server dev. Tag kanonik menggunakan subdomain dari server dev, yaitu prod-i.samsclub.com. Halaman-halaman ini mulai terindeks dan terkadang dipilih sebagai versi yang akan ditampilkan, bahkan untuk beranda situs web.

Sepertinya mereka baru saja memperbaiki ini karena mereka mengarahkan prod-i.samsclub.com ke www.samsclub.com, namun Anda masih dapat melihat banyak halaman ini di indeks dengan situs: pencarian, dan versi temboloknya masih menunjukkan tag kanonik yang salah Jika Anda ingin mengekspos lingkungan seperti itu, saya sangat menyarankan penggunaan otentikasi sisi server sehingga mesin pencari tidak dapat merayapinya untuk menghindari masalah seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*